Cara Menyembunyikan Foto, Video atau Documents Pribadi Di Smartphone Android

Siapa nih yang memiliki foto dan documents pribadi atau bahkan memiliki video "Rahasia" yang tersimpan didalam Smartphonenya ?

pasti dong sobat tidak ingin jika hal-hal privasinya terganggu dan dilihat oleh teman-teman, apalagi dilihat sama pacar yang doyan sekali otak-atik smartphone sobat, wah bisa berabeh jika kita ketahuan menyimpan foto-foto mantan oleh pacar barunya,


tetapi masa sih semua mau dipassword hanya demi privasi, tidak mungkin dong sobat tidak memberi tahu pada pacar kode passwordnya ketika pacar memintanya, otomatis bisa ngamuk tuh sang pacar kalau sampai sobat tidak mau memberi tahu password smartphonenya.

Sebenarnya untuk saat ini banyak juga smartphone yang sudah dilengkapi dengan fitur seperti ruang penyimpanan privasi, ruang pararel atau yang biasa disebut dual space (ruang ganda) biasanya bisa ditemukan di brand Xiaomi, Coolpad, Huawei, LG dll.

Kalau pada smartphone yang sudah ada fitur ini sobat cukup mengaktifkan nya dan memberikan password tertentu untuk bisa mengakses ruang ganda ini.

Tapi bagaimana bila smartphone sobat tidak mendukung fitur tersebut, nah kali ini saya akan memberi tips yang amat sangat mudah dalam menyembunyikan segala macam file pribadi, mulai dari foto, video dan dokument lainnya tanpa harus menyembunyikan icon galery atau memberi password pada smartphone.

Caranya adalah sebagai berikut :

1. Buka "File Manager" di smartphone sobat lalu buatlah sebuah "Folder Baru", sobat bebas mau membuat folder tersebut di memori eksternal atau memori penyimpanan internal dan bebas pula memberi nama folder baru tersebut agar lebih mudah saya contohkan sobat telah membuat folder baru dengan nama "Folder Rahasia"


2. Jika folder baru tersebut sudah siap maka sobat bisa langsung membuka folder video, foto atau apapun yang ingin sobat sembunyikan, pilihlah file-file yang akan disembunyikan lalu "Pindahkan" kedalam Folder Rahasia yang telah dibuat.

3. Setelah sobat selesai memindahkan semua file yang telah dipilih kedalam folder rahasia maka selanjutnya adalah sobat edit nama folder tersebut (rename) dengan menambahkan tanda titik ( . ) didepan nama folder, contohnya (.Folder Rahasia) tanpa tanda kurung ya

bila telah menambahkan titik ( . ) pada nama folder rahasia tadi otomatis folder yang dibuat akan segera menghilang dari file manager, tapi jangan khawatir folder tersebut beserta isinya masih tetap aman kok berada didalam file manager smartphone sobat.

Untuk mengetahui apakah cara ini sudah sukses atau belum, silahkan sobat membuka galeri, pastikan foto-foto, video dan documents yang tadi telah disimpan kedalam folder rahasia tidak akan muncul di galeri, bagaimana foto mantan jadi amankan ?

Lalu bagaimana bila sobat ingin melihat atau mengakses file rahasia tadi ?

Caranya
1. Sobat tinggal masuk ke "File Manager" lalu cari pilihan option/pengaturan/lainnya.


NB : Setiap smartphone memiliki letak bahkan tampilan penempatan pengaturan yang berbeda-beda, biasa nya icon gear roda atau hanya 3 titik seperti contoh gambar diatas.

2. Bila sobat telah menemukan pengaturannya silahkan sobat klik Pengaturan tersebut lalu akan ada beberapa pilihan kategori yang dapat di aktifkan atau dinonaktifkan cukup sobat pilih kategori "Tampilkan Folder Tersembunyi" lalu aktifkan kan bila saat ini masih dalam kondisi off (nonaktif).

3. Kembali ke File Manager tempat dimana tadi sobat membuat folder rahasia dan lihatlah folder tersebut akan muncul. (Bersamaan dengan semua folder system android yang ada titik (.) pada awal nama depan nya)

NB

untuk kembali menyembunyikannya sobat tinggal kembali ke pengaturan tadi lalu "off atau nonaktifkan" dikolom samping tulisan "Tampilkan Folder Tersembunyi"

Nah itulah sedikit tips mudah menyembunyikan file-file rahasia sobat, semoga bermanfaat, tapi perlu diingat tetap gunakan password sebagai kunci pengaman di smartphone sobat. khususnya untuk smartphone itu sendiri ataupun aplikasi chating.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Menyembunyikan Foto, Video atau Documents Pribadi Di Smartphone Android"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda sesuai topik, Thanks for visiting and the comment.